20 Fakta Unik Sains yang Menakjubkan


Sains ,,.. hmmm bicara tentang sains tidak pernah akan ada habisnya.. Sains juga masih memiliki banyak misteri yang belum terpecahkan. kini Save As mau membagi 20 Fakta Unik Sains yang diperoleh dari berbagai sumber nih sob, ( Hehe sorry copas lagi) :D tapi copasnya nyantumin sumber kok.,,, hehe ,.. jadi langsung aja kita mulai baca tentang 20 Fakta Unik Sains Yang Menakjubkan :

Matahari
  1. Jika matahari terbuat dari pisang.
Matahari panas karena beratnya yang luar biasa, sekitar bermiliar-miliar ton dan membuatnya menjadi inti tekanan kolosal. Tekanan besar menimbulkan temperatur besar. Jika matahari terbuat dari pisang, maka beratnya akan bermiliar-miliar ton dan memiliki efek yang sama dengan matahari.


2. Semua materi pembuat ras manusia dapat masuk dalam kotak gula.

Atom merupakan 99,9999999999999999% ruang kosong. Jika semua atom dipaksa bersatu dan menghilangkan ruang di antaranya seperti kotak gula, maka massanya sekitar 10 kali massa manusia hidup. Hal ini serupa yang terjadi pada bintang netron, massa super padat peninggalan supernova.

3. Peristiwa di masa depan dapat mempengaruhi peristiwa di masa lalu.

Alam Semesta
Keanehan dunia kuantum didokumentasikan. Tetapi keanehan itu semakin aneh. Menurut eksperimen fisikawan John Wheeler dan peneliti lain pada 2007, perubahan partikel masa kini dapat mengubah partikel pada masa lalu.

4. Hampir sebagian besar semesta menghilang
Kemungkinan terdapat lebih dari 100 miliar galaksi di kosmos. Setiap galaksi memiliki 10 juta bintang. Matahari kita memiliki berat bermiliar-miliar ton. Materi ini merupakan materi terlihat di semesta.

Materi lain disebut ‘materi gelap’. Materi ini masih butuh penjelasan dan tampaknya materi ini merupakan perluasan semesta.

5. Benda dapat bergerak lebih cepat dari cahaya.
Kecepatan cahaya konstan pada ruang hampa adalah 300 ribu km/detik, dan cahaya tak selalu melewati ruang hampa. Dalam air, foton bergerak sepertiga kecepatan awal. Dalam reaktor nuklir, beberapa partikel dipaksa bergerak dalam kecepatan tinggi bahkan lebih cepat dari cahaya.

6. Ada jumlah tak terbatas saat menulis dan membaca
Menurut standar model kosmologi saat ini, jumlah semesta yang dapat dihitung pun tak ada batasnya seperti buih. Namun, jumlah kemungkinan sejarah terbatas karena jumlah peristiwa terjadi juga terbatas.


7. Lubang Hitam tidak hitam
Lubang hitam memang sangat gelap, tapi tak hitam. Mereka bersinar dan memberi sedikit spektrum cahaya, temasuk cahaya yang dapat dilihat.

Lubang Hitam... :o
8. Penjelasan mendasar dari semesta tak termasuk masa lalu, kini atau masa depan
Menurut teori relativitas, tak ada hal seperti masa kini atau masa depan atau masa lalu. Bingkai waktu sangat relatif. Waktu kita sama karena kita bergerak pada kecepatan yang sama. Jika kita bergerak pada kecepatan berbeda, kita akan menemukan bahwa kita menua lebih cepat.

9. Partikel dapat mempengaruhi sisi lain semesta dalam sekejab
Ketika elektron bertemu kembaran antimateri, keduanya akan hancur dalam kilatan energi dan dua foton akan terbang dari ledakan itu.

Kembaran itu akan mulai berputar pada arah sebaliknya, dan secara instan kembaran di sisi lain semesta juga ikut berputar.

10. Semakin cepat bergerak, semakin berat
Jika Anda berlari dengan cepat, berat Anda akan bertambah. Tak permanen, tapi secara sesaat akan menambah sedikit berat. Menurut teori relativitas, massa dan energi adalah sama. Semakin banyak energi yang dikeluarkan, semakin berat massanya. ( yang ini bukannya semakin cepat semakin ringan ya.. mm.. hanya tuhanlah yang tahu ) :?

Untuk 11 sampai 20 gak pakai penjelasannya ya ....

11. Jari tangan tumbuh empat kali lebih cepat dari jari kaki.

12. Pengguna tangan kanan, dalam rata-rata, hidup sembilan tahun lebih lama dari orang kidal.

13. Kalau kamu menggosokkan bawang ke kaki, sekitar 30 – 60 menit kamu akan bisa
merasakannya. Ini karena bawang tersebut mengalir melalui aliran darah.

14. Kamu tidak akan bisa bunuh diri dengan menahan nafas (kalau kamu melakukannya sampai tak sadarkan diri, kamu akan mulai bernapas normal secepatnya).

15. Di satu inci persegi kulit manusia terdapat 20 juta makhluk mikroskopik.

16. Armadilo adalah satu-satunya makhluk hidup bukan manusia yang bisa menderita kusta. Ada juga kasus penularan penyakit ini dari armadilo ke manusia.
Waaa.. ada Jerapah masuk Blog

17. Seekor siput bisa tidur 3 – 4 tahun selama masa dia tidak membutuhkan makanan.

18. Jerapah bisa hidup lebih lama tanpa air daripada unta

19. Nyanyian paus bungkuk bisa berubah secara dramatis dari tahun ke tahun, tetapi setiap paus di seluruh samudera selalu menyanyikan lagu yang sama dengan yang lainnya.

20. Gaya yang diperlukan untuk memengangkat sebuah kaki dari pasir apung dengan kecepatan satu centimeter per detik sama dengan gaya yang dibutuhkan untuk mengankat mobil berukuran sedang.


gimana?!,,  banyak yang belm kamu tahu kan.. hehe udah ya.. Terimakasih sudah membaca,,, enjoy!

sumber :
Link
Link

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

32 komentar

Tambah komentar

baru tau lubang hitam tidak hitam :v, kirain warna hitam sesuai namanya lubang hitam atau balck hole

Fakta-fakta nya bikin ngakak gan! :D Kira-kira real gak nih?

Waaah keren, memang sains menyimpan takjub-takjub unik...nice sharing gan..

baru tau kalo black hole itu gak hitam, ane kira hitam sesuai namanya :D

real lah gan,,, masa ane bohong :(

Sip, thanks gan komennya :D

wahh Infonya bermanfaat bangat gann (y)

ane juga berpikiran sama,gan sebelumnya :-D

iya gan ... makasih dah komen

ternyata malah terang ya gan :D

makasih juga dah komen gan :D

ya, gan banyak juga hal yang belum terungkap didalam sains :D

terus berevolusi dan terus memunculkan kejadian-kejadian baru yang belum pernah kita ketahui ya.. saya paling penasaran sama lubang hitam gan lubangnnya kaya gimana ya dan tembus ke mana ??

ditunggu kunjungannya di blog saya gan tinggal klik nama saya di atas buat ke blog saya

iya gan,,, itu rahasia Illahi gan ... Done gan.. Blognya Bagus :D

wah baru atau ane nih gan fakta faktanya :)
Thanks banget gan ats infonya :)

itu yang kuku tangan lebih cepat tumbuh dari kuku kaki ane pernah baca penjelasanya gan,
nice post.

ya gan ... semoga bermanfaat bagi agan...

iya, gan ... ane juga pernah baca ... .

ternyata dsini brmanfaat banget ya..

dari www.mncolah.com

baru tau aku gan,,,postingange sangt membantu gan,,makasi

Mantap gan , ane anak IPA wajib tau ini fakta unik , thanks gan

sama-sama gan... semoga bermanfaat ya ..

Baru tau saya gan.. Trims

hahahhaa.... kalo terbuat dari pisang , ,kebayang ya pada di makan..wkqkqk

waduh banyak juga yang uniq yah kyk gan evan ini admin di blog ini :D uniq orang nyaseerta aneh juga kyk jerapah

Mohon Masukkan Komentar Yang Relevan
Mohon juga untuk tidak menggunakan kata-kata kasar / kata-kata yang merugikan orang lain..
TERIMA KASIH :D

Thanks For Your Comment Here