Sejarah Yoyo

Yoyo itu dari negeri Cina loh! makanya kalo kita beli yoyo kan biasanya ada tulisan MADE IN CHINA, ngiehehehe. Yoyo biasa nya terbuat dari kayu, besi atau tanah liat yang dikasih warna getoh :P. Pada Awalnya sih, yoyo terdiri atas dua piringan yang dihubungin dengan kecil lho pemirsa Nyoba Aja :). Lalu ada semacam senar kecil yang diikatkan keras di tongkatnya dan senar lain diikat di cari . Piringan itu dapat naik dan turun jika senarnya dikendalikan oleh pemainnya.

Lalu pada tahun 1791, permainan yoyo menyebar ke negara Inggris. Di Inggris permainan yoyo saat itu dinamakan Bandalore. Sebelumnya, para ahli purbakala menemukan mainan anak-anak dari zaman Yunani kuno, yakni gulungan kecil yang dilengkapi dengan senar. Mainan itu juga ditemukan di beberapa negara, antara lain adalah Mesir.

Nama yoyo sendiri diberikan oleh orang Filipina. Pada tahun 1920, seorang warganegara Filipina bernama Pedro Flores membuat perusahaan mainan di California, Amerika Serikat. Lalu pada tahun 1928 perusahaan Pedro membuat mainan anak-anak yang kemudian dinamakan Yoyo.

Lalu pada tahun 1929 Pedro menjual perusahaannya pada seorang pebisnis Amerika bernama Donald F. Duncan yang juga adalah penemu Es krim Eskimo. Duncan inilah yang kemudian mengembangkan dan memasarkan yoyo ke seluruh dunia.

Bahkan pada tahun 1962, perusahaan mainan anak-anak milik Duncan telah berhasil menjual 45 juta buah yoyo. Sampai sekarang permainan yoyo semakin berkembang dan tetap disukai anak-anak hingga orang dewasa. Yoyo juga pernah dibawa dalam pesawat ruang angkasa milik Amerika pada 12 April 1985 untuk diikutkan dalam suatu proyek.

sumber foto : crystalinks.com

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

Tambah komentar

Memang asik kalau main Yoyo, tetapi sekarang saya sudah tidak pernah main mainan yoyo

Mohon Masukkan Komentar Yang Relevan
Mohon juga untuk tidak menggunakan kata-kata kasar / kata-kata yang merugikan orang lain..
TERIMA KASIH :D

Thanks For Your Comment Here